Sabtu, 14 Agustus 2010

Hacking, Susah atau Gampang ?

Hacker, Cracker, dan profesi2 lain yang berurusan dengan keamanan komputer dan data adalah beberapa profesi yang sangat kaya akan mitos dan unsur magis. Hal ini juga diperkuat dengan film2 dan media massa yang menggambarkan sosok hacker sebagai "dewa" yang mampu mengontrol dunia dari belakang keyboardnya.

"Mas, FB saya dipalsuin orang lain, tolong dong Hack FB dan delete account palsu itu"
"Mas, Saya lupa password email saya. tolong dong jebol yahoo dan bukain email saya"
"Mas, tolong masuki server sekolah dan ganti nilai saya jadi A semua"

Jika anda sering berkutat dengan komputer, kemungkinan anda pernah mendapat pertanyaan2 seperti ini. dan saya kira, pada kebanyakan kasus, anda akan mencoba menggunakan fasilitas lupa password, mencoba asal2an dan kemudian menyatakan kalau itu hal yang tidak semudah itu bisa dilakukan.



Mudah ? tentu saja tidak. perusahaan2 telah menghabiskan jutaan bahkan milyaran untuk membuat website mereka aman. apalagi jika perusahaan itu hidup dan matinya dari internet.bayangkan jika FB memiliki isu keamanan serius yang membuat websitenya dirusak dan data penggunanya dicuri. FB sebagai suatu perusahaan yang bisnisnya berorientasi online tentu akan rugi jutaan dolar bahkan mungkin bangkrut begitu saja

Tapi apakah hacking itu susah ? tidak juga. beri saya waktu 1 hari, dan saya bisa mengajari anda bagaimana membongkar password windows, bagaimana menghack server dan cara mengetahui password teman2 anda. apakah anda perlu mengerti programming, algoritma, jago matematika atau seorang jenius ? tidak. asalkan anda memahami bahasa inggris dan cukup familiar dengan komputer saja.

Perbedaannya tentu adalah faktor target tadi. menggunakan Ilmu ke orang2 yang tidak mengerti apa2 tentunya jauh lebih mudah dibandingkan menyerang target yang sudah siap. inilah pentingnya penyebaran pengetahuan tentang keamanan komputer yang merata kepada orang2. inilah bentuk kontribusi yang bisa kita berikan kepada orang2 di sekitar kita. sebarkan pengetahuan, dan semua orang akan mendapatkan manfaatnya.


Knowledge is Power.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar