Rabu, 25 Agustus 2010

Menangkal hacking bagian 3 : Update, Update dan Update

Mungkin tahapan ketiga inilah yang masih sering menjadi kendala buat orang Indonesia, apalagi masalahnya kalau bukan software bajakan ? seringkali kita hanya melihat sebatas fungsionalitas dari software tersebut saja. artinya, kalau software jalan, full version, kita senang puas dan bahagia. tapi dari sudut pandang keamanan, aplikasi bajakan seringkali menjadi "ancaman" yg sangat ditakuti.

Kenapa mesti ditakuti ? kan softwarenya jalan baik2 saja ? itu betul. akan tetapi, ingatlah kenyataan bahwa software adalah buatan manusia. seringkali software itu tidak sempurna. lagipula, sebagaimana kebanyakan programmer, programmer game juga lebih mementingkan fungsionalitas terlebih dahulu dan menjadikan faktor keamanan sebagai hal yang nomer sekian.

Fungsionalitas update menjadi sangat penting pada saat kita membicarakan soal keamanan. walaupun mungkin bahkan sistem yg sangat terupdate masih tetap tidak 100% aman, pada kenyataannya, software yg sangat banyak digunakan oleh oleh para hacker dan cracker untuk menembus keamanan sebuah sistem (metasploit framework) efektifitasnya sangat tergantung pada level update sistem anda.

sesuai metodologi kerja hacker pada umumnya, tahap sebelum mereka benar2 menyerang adalah dengan melakukan vulnerability testing pada sistem anda. vulnerability testing ini akan memberi hacker informasi tentang kelemahan2 yang terdapat pada sistem kita. semakin jarang sistem kita diupdate, semakin banyak pula kelemahannya. apalagi jika kita menggunakan sistem operasi bajakan yang tidak memiliki kemampuan update.

Untuk mendapatkan keamanan terbaik, update sistem ini sangatlah penting. dan ini bukan hanya terjadi pada windows saja, tapi juga pada linux dan mac.tidaklah benar kalau kedua sistem ini disebut2 jauh lebih aman dan itu menjadi alasan kita jadi cuek terhadap sisi keamanannya. linux yg salah konfigurasi jauh lebih berbahaya dari windows. begitu juga dengan mac.

selain sistem operasi, software2 yg terdapat di dalam sebuah komputer pun tidaklah luput dari perlunya update. sebagai contoh, silahkan lihat 2 link dibawah ini :
  • http://www.h-online.com/security/news/item/Adobe-issues-official-workaround-for-PDF-vulnerability-971932.html
  • http://www.microsoft.com/technet/security/Bulletin/ms04-041.mspx
File PDF bisa jadi jalan masuk hacker, bahkan hanya dengan menggunakan Wordpad pun sistem kita bisa diambil alih. bagaimanakah cara mengamankan sistem kita ? sekali lagi, jawabannya adalah update.

Update memang memakan waktu dan bandwidth yang cukup besar. tapi sebagai gantinya, bukan saja keamanan, update seringkali menyempurnakan suatu software. software yg diupdate bisa jadi memiliki fungsi baru, lebih stabil, mendukung lebih banyak format dan banyak kelebihan lainnya. tapi tentu saja, selama anda masih bermain di ranah bajakan, update justru menjadi musuh krn seringkali mematikan fungsi "bajakan" software anda. sebagai contoh, mungkin anda pernah mengetahui tentang windows genuine advantage yg seringkali mengganggu. contoh lain adalah PSP. jika anda mengupdate PSP dengan firmware terbaru (yg mendukung lebih banyak game), anda tidak akan bisa memainkan game2 bajakan lagi.

Fungsionalitas ato keamanan ? pilihan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar