Sabtu, 14 Agustus 2010

Kriptografi dasar

Apakah kriptografi itu ? kata kata ini memang masih cenderung asing di Indonesia. bahkan sejauh ini belum ada pelajaran atau jurusan perkuliahan yg memiliki spesialisasi di bidang ini. padahal kriptografi adalah sarana perlindungan data yang penting sekali. perhatikan kedua contoh dibawah ini :

Saya Lapar (Indonesia)
I'm Hungry (Inggris)
Јас сум гладен (Macedonia)
Я галодны (Belarusia)

keempat kata2 diatas memiliki arti yang sama persis. tapi di telinga orang2 yang tidak mengerti, mereka tidak akan bisa menangkap artinya. hal yang sama terjadi dalam proses kriptografi. prinsipnya adalah : "bagaimana membuat orang tidak berhak tidak bisa mengerti ttg data yg ada ? "


Berbeda dengan bahasa yang menerapkan prinsip linguistik, kriptografi yang ada saat ini berbasis perhitungan matematis. prinsip matematis dibelakang sebuah proses konversi ini memang cenderung rumit. jadi tidak akan dibahas saat ini.


penggunaan kriptografi pada umumnya menggunakan mekanisme password dan/atau file kunci. saya merekomendasikan penggunaan kombinasi dari keduanya. karena meskipun password adalah cara yang terbukti ampuh, sebuah software keylogger akan dengan mudah mencatat password anda. file kunci akan memberikan keamanan berlapis pada file rahasia anda.


Satu hal yang mungkin perlu ditekankan dalam penggunaan kriptografi, sebuah software kriptografi yang bagus tidak memungkinkan proses recovery data yg lupa password/ lupa file kunci. pada software kriptografi yang bagus, proses membuka paksa sebuah file yang diamankan dengan teknik ini bisa memakan waktu ratusan hingga ribuan tahun (secara teori). jadi jika anda melupakan password anda, ucapkan selamat tinggal dengan data2 di dalamnya.


Untuk software kriptografi yang gratis dan bagus. saya menyarankan TrueCrypt dari www.TrueCrypt.org untuk dicoba. software ini sudah menjadi standar pengamanan kriptografis di seluruh dunia dan sudah teruji. manual yang disediakan juga sangat lengkap dan menarik jika anda tertarik dengan subjek kriptografi ini

2 komentar:

  1. boleh dicoba, neh. thank for sharing.

    BalasHapus
  2. hahaha ntar minggu depan presentasiku di AIPPSA kan ttg ini juga mas. ntar slide presentasinya kutaruh sini juga hehehe

    BalasHapus