Jumat, 13 Agustus 2010

Keamanan Komputer di Indonesia

"Saya kan bukan siapa-siapa dan tidak punya apa-apa, knp saya harus pusing2 dengan keamanan komputer dan laptop saya ?"

Itu adalah jawaban yang sering saya dapatkan ketika membahas soal keamanan komputer dengan teman teman saya.tampaknya, jawaban itu menjadi "benteng" bagi mereka untuk bersikap cuek dengan soal keamanan komputer dan resikonya. Ignorance is a bliss memang.

Informasi apapun memiliki nilai yang berbeda beda untuk semua orang. apa yang tidak penting menurut kita bisa jadi sangat penting untuk orang lain. informasi seperti buku favorit, musik favorit dan lain lain mungkin tidak berguna bagi keluarga kita. tapi jelas sangat berguna untuk orang yang sedang "pedekate" dengan kita :D


Demikian pula halnya dengan saat ini kita berada di mana, bersama siapa saja, kemana akan pergi selanjutnya dan lain lain. buat kita memang tidak berguna (ato mungkin hanya sekedar pamer). tapi jika ada seorang penculik yg berniat menculik anda, Info2 tadi akan sangat membantu dia dalam merencanakan aksinya.

Sering pula terjadi kasus pencurian identitas. Di indonesia sendiri saat ini belum terlalu terdengar. tapi di negara2 Eropa sering sekali ada kejadian dimana pelaku menggunakan identitas korban untuk mendaftar kartu kredit, hutang sana sini dan akhirnya si korbanlah yang menjadi sasaran penagih hutang. silahkan cari di google tentang "Identity Theft Story" untuk membaca berita berita tersebut.

Apa itu saja ? sayangnya tidak. sejauh ini yang sering terjadi adalah Facebook anda di-hack, diacak2 dan ditinggalkan begitu saja. tapi bayangkan apa yang akan terjadi kalau si Hacker tidak mengganti password anda, tapi diam2 beraktivitas dengan menggunakan account anda tersebut ? mengirimkan message, chat, membeli barang2...dan semuanya tidak anda ketahui karena password anda tidak berubah dan dia tidak meninggalkan jejak. tidak mungkin ? sayangnya...itu sangat mungkin.

Isu Keamanan adalah masalah bersama. bukan berarti facebook, twitter, blogger, yahoo, google dan lain lain tidak berusaha melindungi anda. sebaliknya, mereka berusaha keras untuk itu. akan tetapi, sudah menjadi pengetahuan umum bahwa titik terlemah keamanan adalah sisi manusianya. apakah anda titik lemah tersebut ?


The Ultimate Security is Your Understanding of Reality (H. Stanley Judd)

1 komentar: